Prasarana Perkuliahan:

  1. Laboratorium
  2. Laboratorium Botani
  3. Laboratorium Zoologi
  4. Laboratorium Mikrobiologi dan Genetika
  5. Lab Kimia
  6. Stasiun Riset Suaq Balimbing Taman NAsional Gunung Leuser, Aceh Selatan (kerjasama Zurich University)
  7. Stasiun Riset Tuanan, Kalteng (kerjasama Zurich University, Rutgers University, BOS Foundation)
  8. Ruang kerja mahasiswa ada di tempat terbuka yang dilengkapi meja, akses listrik dan wifi.
  9. Ruang Seminar yang dikelola oleh Universitas ada 4 (empat), dikelola oleh Sekolah Pascasarjana ada 1 (satu) dengan luas 8 m x 11 m dan digunakan secara bergantian atau bersamaan oleh program studi
  10. Perpustakaan besar ada di Universitas dengan koleksi buku 21.987 judul dan perpustakaan kecil di Sekolah Pascasarjana dengan koleksi buku 1823 judul.    Semua dilengkapi dengan AC, wifi.   
  11. Ruang bersama tersedia yang dilengkapi dengan meja dan kursi, AC serta wifi, dilengkapi pula dengan minuman kopi dan teh.
  12. Prasarana olah raga tersedia yaitu lapangan sepak bola, lapangan futsal, lapangan bulutangkis, panjat dinding, karate, tenis meja dan tenis lapangan.
  13. Prasarana seni tersedia sangat memadai, seperti Teater Gantha, Kreasi Musik Mahasiswa (KREMM) dan Kelompok Paduan Suara. Teater Gantha aktif menciptakan karya seni pertunjukkan yang dipentaskan di Universitas Nasional, teater Salihara dan Taman Ismail Marzuki. KREMM mengembangkan minat dan potensi mahasiswa dalam bermusik, melalui berbagai pertunjukkan musik.
  14. Ibadah tersedia mesjid besar Sutan Takdir Alisjahbana dan mushola tersedia di setiap gedung (lantai).