Visi Program Studi Magister Biologi adalah :

Menjadi Program Studi Magister Biologi yang unggul dalam kajian Biologi untuk Konservasi Alam dan Lingkungan Hidup dengan reputasi internasional pada tahun 2021.

Misi Program Studi Magister Biologi adalah :

  1. Menyelenggarakan pendidikan Magister Ilmu Biologi dengan penekanan pada kajian Biologi Tropis, Keanekaragaman Hayati dan isu-isu konservasi alam dan lingkungan hidup untuk menghasilkan sumberdaya manusia berkualitas, memiliki keunggulan, kemandirian dan bermoral.
  2. Menyelenggarakan penelitian multidisiplin dengan penekanan pada kajian Biologi Tropis, dan isu-isu konservasi alam dan lingkungan hidup
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat dengan penekanan pada kajian Biologi Tropis, dan isu-isu konservasi alam dan lingkungan hidup, dengan melakukan kegiatan yang relevan untuk kesejahteraan masyarakat dan menjadikan masyarakat peduli terhadap penyelamatan lingkungan dan alam.

Tujuan Program Studi Magister Biologi adalah :

Program Magister Biologi menuju reputasi internasional yang menghasilkan ilmuwan di bidang biologi yang kritis, inovatif, kompeten, memiliki integritas moral akademik dan tanggap terhadap isu lingkungan dan konservasi alam serta bertanggung jawab untuk terwujudnya kesejahteraan masyarakat serta pembangunan bagi peradaban umat manusia.

Sasaran Program Studi Magister Biologi adalah :

  1. Lulusan Kompeten di bidang biologi tropis untuk pembangunan yang berkelanjutan serta tanggap terhadap isu lingkungan dan konservasi alam.
  2. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dan professional yaitu meningkatkan kemampuan untuk mengembangkan konsep bidang keilmuan Biologi secara mandiri, kreatif
  3. Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik atau dan kompetensi di bidang keilmuan biologi yang dapat menerapkan, dan memperkaya khasanah ilmu pengetahuan
  4. Melakukan kerjasama dan menjalin kerjasama kemitraan dengan lembaga pemerintah, lembaga pendidikan (dalam atau luar negeri) dan lembaga lain yang memiliki komitmen untuk meningkatkan dan mengembankan bidang keilmuan biologi untuk melakukan penelitian, pengabdian kapada masyarakat dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan sebagai ujung tombak perbaikan kualitas SDM.
  5. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan khususnya bidang keilmuan biologi serta mengupayakan penggunaan untuk meningkatkan taraf kehidupan dan kesejahteraan masyarakat.